Pages

13 February 2014

APA ARTI APENDEKTOMI?

sakit perut usus buntu
Operasi Usus Buntu 
Apendektomi adalah operasi pengangkatan usus buntu, tabung kecil yang bercabang dari usus besar, untuk mengobati apendisitis (peradangan akut usus buntu akibat infeksi). Jika tidak segera dilakukan tindakan pembedahan maka ada resiko usus pecah.
Gejala yang umum dari penderita usus buntu antara lain nyeri perut, kram perut bagian kanan, nafsu makan menurun, mual, muntah, diare ringan, konstipasi, demam dan perut terasa lebih besar.

Sebelum dilakukan operasi harus didahului dengan beberapa pemeriksaan terlebih dahulu antara lain, laboratorium rutin, urine lengkap dan USG abdomen. Untuk pasien wanita ditambahkan dengan PPT.

Operasi usus buntu tergolong relatif cepat. Setelah pasien tersadar diperbolehkan untuk menggerakkan kaki dan memiringkan badan di tempat tidur. Sehari setelah operasi bisa dimulai untuk latihan duduk dan berjalan. Jahitan operasi biasanya dapat diangkat setelah 7 hari pasca bedah. Dalam masa penyembuhan setelah operasi sangat disarankan untuk banyak istirahat dan tidak beraktifitas fisik. Juga menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan agar tidak terjadi infeksi.  -SOS-