Pages

23 February 2014

SAKIT KEPALA VERTIGO



headache vertigo
Kepala Pusing Berputar
Pernahkah kita merasa pusing, kepala terasa berat dan disekeliling kita terasa berputar? Dalam bahasa Jawa terasa seperti “nggliyeng”. Kebanyakan dari kita umumnya akan menyimpulkan bahwa itu karena kekurangan darah. Jika gejala itu kembali muncul, jangan anggap remeh. Segeralah periksakan diri ke dokter. Jangan-jangan itu adalah vertigo. Apa itu vertigo?

Vertigo adalah penyakit dengan gejala rasa pusing, kepala berat, perut mual, kehilangan keseimbangan dan pandangan ganda. Saat serangan datang, penderita vertigo merasakan sensasi seolah-olah lingkungan di sekelilingnya berputar atau dirinya sendiri yang berputar-putar. Bahkan ketika mata ditutup-pun sensasi berputar itu masih tetap terasa. Frekuensi vertigo yang dialami setiap orang berbeda-beda. Ada yang beberapa saat saja tapi ada pula yang merasakan selama berjam-jam. Bahkan, ada pula vertigo yang berlangsung sampai seminggu.

Secara medis, vertigo muncul karena gangguan syaraf di leher, kepala dan otak. Juga karena karena suplai darah dan oksigen ke otak berkurang atau tak lancar.

Makanya bagi dokter biasanya vertigo ini menjadi pintu indicator untuk menemukan penyakit lainnya. kelainan di dalam telinga, di dalam saraf yang menghubungkan telinga dengan otak, kelainan dalam otak, saraf mata dan pengapuran tulang leher bisa menjadi penyebab vertigo. Beberapa penelitian menunjukkan, sekitar 10 persen pasien stroke mengaku mengalami gejala awal pusing berputar (vertigo)

Jika vertigo menyerang, segeralah duduk/berbaring nyaman, tarik nafas dalam-dalam dan teratur dan pejamkan mata. Ketika pusingnya sudah berkurang segeralah minta bantuan untuk ke dokter. Tidak disarankan untuk berjalan sendiri karena bisa jatuh dan membentur benda yang dapat berakibat lebih fatal. Semoga bermanfaat. Salam Sehat Selalu!  -SOS-