Pages

15 April 2014

PENGOBATAN PENYAKIT DEMAM BERDARAH DENGUE (DBD)

obat sakit demam berdarah dengue dbd
Pasien Demam Berdarah Dengue
Fokus pengobatan pada penderita penyakit DBD adalah mengatasi perdarahan, mencegah atau mengatasi keadaan syok/presyok, yaitu dengan mengusahakan agar penderita banyak minum sekitar 1,5 sampai 2 liter air dalam 24 jam (air teh, gula sirup atau susu). 

Penambahan cairan tubuh melalui infus (intravena) mungkin diperlukan untuk mencegah dehidrasi dan hemokonsentrasi yang berlebihan. Transfusi platelet (trombosit) dilakukan jika jumlah platelet menurun drastis. 


Selanjutnya adalah pemberian obat-obatan terhadap keluhan yang timbul, misalnya:
  • Paracetamol membantu menurunkan demam 
  • Garam elektrolit (oralit) jika disertai diare 
  • Antibiotik berguna untuk mencegah infeksi sekunder 
Lakukan kompress dingin, tidak perlu dengan es karena bisa berdampak syok. Bahkan beberapa tim medis menyarankan kompres dapat dilakukan dengan alkohol. Penderita demam berdarah tidak mempunyai pantangan dalam hal makanan.

Anjuran yang baik untuk penderita demam berdarah adalah perbanyak mengkonsumsi buah-buahan, terutama jambu biji bangkok untuk memperbaiki trombosit. Meski khasiatnya belum pernah dibuktikan secara medik, akan tetapi jambu biji kenyataannya dapat mengembalikan cairan intravena. 

Selain itu jangan lupa untuk minum air putih yang cukup dan banyak makan makanan yang bergizi agar cepat sembuh. Kombinasi antara manajemen yang dilakukan secara medik dan alternatif harus tetap dipertimbangkan.

Sumber: FKM Unair