Pages

21 February 2014

9 ANTIOKSIDAN AMPUH UNTUK KULIT AWET MUDA

antoxidant
Kerut Wajah
Penuaan kulit adalah hal yang tidak dapat dihindari bagi siapapun. Yang bisa dilakukan hanyalah memperlambat penuaan pada kulit agar kulit tetap terlihat segar, elastis dan kencang. Jika tidak ada usaha memperlambat maka bisa jadi akan ada proses percepatan penuaan kulit. Tidak mau kan jadi cepat tua?
Hal ini mudah terjadi karena banyaknya radikal bebas yang di lingkungan kita saat ini. Radikal bebas dalam wujudnya jaman sekarang antara lain limbah asap pabrik, asap kendaraan bermotor, asap rokok, pestisida hewan, radiasi sinar matahari langsung bahkan dari makanan yang kita konsumsi. 

Untuk melawanl radikal bebas maka diperlukan antioksidan dalam tubuh kita. Antioksidan alami bahan yang dapat memberikan perlindungan terhadap efek radikal bebas yang merusak sel-sel di dalam tubuh, termasuk kulit. Banyak produk perawatan kulit yang saat ini ditawarkan yang mengandung antioksidan, tapi tentunya kita harus selektif.

Berikut ini adalah 9 antioksidan yang harus ada dalam produk perawatan kulit:

1. Vitamin E
Vitamin E merupakan antioksidan yang hadir dalam kulit dan ditemukan dalam berbagai makanan, seperti sayuran, biji-bijian, dan daging. Ini membantu kulit terlihat lebih muda dengan meningkatkan produksi kolagen dan pada gilirannya mengurangi munculnya garis-garis halus, keriput dan bintik-bintik usia.

2. Lycopene
Lycopene, antioksidan kuat, adalah karotenoid yang ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran merah. Selain menjadi pilihan yang sehat untuk diet Anda, itu adalah pilihan yang cocok untuk memperbaiki tekstur kulit karena mendorong produksi kolagen dan mengurangi kerusakan DNA yang menyebabkan keriput.

3. Teh Hijau 
Teh Hijau (Green Tea) merupakan salah satu pahlawan makanan baru - sekutu membantu dalam mencegah dari penyakit jantung dan kanker, penuaan kulit dan kenaikan berat badan. Salah satu yang terkandung dalam teh hijau adalah catechin. Teh hijau mengandung setidaknya lima kali lipat catechin daripada teh hitam. Katekin adalah antioksidan yang dapat membersihkan kerusakan sel pada kulit dan perbaikan keriput, noda, atau kotoran lainnya. Ketika diterapkan pada kulit, teh hijau dapat mengurangi kerusakan akibat sinar matahari dengan mengurangi peradangan dan mengatasi radikal bebas.

4. CoffeeBerry ®
Bahan ini didapatkan dari kulit & daging kopi yang telah matang dan biasanya dibuang begitu saja di industri pengolahan kopi. Coffee berry mencegah kerusakan kolagen, mengurangi keriput dan melindungi kulit terhadap kerusakan. Ia juga memiliki sifat anti-inflamasi, yang dapat mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan, sehingga kulit terlihat lebih muda.

5. Resveratrol
Resveratrol antioksidan adalah senyawa yang umum ditemukan dalam anggur, kacang-kacangan, buah-buahan, dan anggur merah, antara lain. Studi terpisah menunjukkan bahwa ketika dioleskan, resveratrol melindungi kerusakan kulit UVB-dimediasi dan menghambat stres oksidatif UVB-dimediasi.

6. Biji Anggur
Biji anggur (Grape Seed) kaya akan proanthocyanidins. Proanthocyanidins merupakan antioksidan kuat dan ampuh melawan radikal bebas, bahkan lebih kuat daripada daripada vitamin C dan E.

7. Genistein
Genistein adalah isoflavon yang berasal dari kedelai yang berfungsi untuk menghambat kerusakan DNA oksidatif imbas dari sinar UV.

8. Niacinamide
Niacinamide (vitamin B3) adalah antioksidan kuat yang terbukti berguna untuk anti-inflamasi dan depigmentasi. Hal ini juga terbukti memperbaiki tekstur dan nada kulit, serta mengurangi garis-garis halus, keriput, dan hiperpigmentasi.

9. Vitamin C
Vitamin C (L-ascorbic acid) merupakan nutrisi penting bisa didapat dari buah-buahan dan sayur-sayuran. Vitamin C biasanya bermanfaat sebagai pelindung dari radikal bebas. Akan tetapi dalam studi lanjutan ternyata juga bermanfaat untuk pencegahan dan memperlambat penuaan kulit.

Semoga bisa menjadi panduan dalam pemilihan produk-produk anti penuaan dini yang banyak ditawarkan di pasaran. Dirangkum dari berbagai sumber.  -SOS-