Pages

22 February 2014

SAKIT KESELEO ATAU TERKILIR

ankle injury spasme
Keseleo Pergelangan Kaki
Sakit keseleo biasanya menyerang secara tiba-tiba. Biasanya diawali dengan kejadian terjatuh pada saat kita beraktifitas fisik seperti berjalan, berlari, mengangkat beban, dll. Bagian tubuh yang sering keseleo atau terkilir antara lain pergelangan kaki, pergelangan tangan dan ruas jari. Bagaimana gejala dan penanganannya?

Secara medis penjelasan tentang keseleo ini adalah teregangnya atau bahkan robeknya ligamen. Ligamen adalah jaringan ikat yang menghubungkan dua atau lebih tulang dalam sebuah sendi. Peregangan tersebut terjadi ketika sendi dipaksa melebihi lingkup gerak sendi yang normal, seperti melingkar atau memutar pergelangan kaki.

Tanda dan gejala deri keduanya hampir mirip yaitu:
1. nyeri

2. bengkak atau memar
3. keterbatasan lingkup gerak sendi
4. spasme otot
5. kehilangan kekuatan
6. tidak stabil dan hilangnya kemampuan untuk menggerakkan sendi

Yang harus segera dilakukan ketika mengalami keseleo atau terkilir adalah berhenti dari aktifitas dan sebisa mungkin berbaring. Posisi berbaring bertujuan untuk membebaskan sendi yang sakit dari beban berat tubuh. Setelah itu kompres dengan es pada bagian yang sakit untuk meredakan nyeri. Bisa juga diberikan obat oles berbentuk gel atau semprot (spray) yang memberikan efek dingin.

Jika sakit sudah mulai berkurang, segeralah menghubungi dokter ahli tulang atau dokter rehab medic. Sangat disarankan untuk tidak dipijat atau diurut oleh sembarangan orang. 

-SOS-