Pages

21 February 2014

MITOS TENTANG PENYEBAB JERAWAT

face acne myths
Wajah Mulus Tanpa Jerawat
Ketika masih SMA dulu sering saya diingatkan oleh teman-teman supaya jangan banyak makan cokelat. Kata teman-teman makan cokelat bisa menyebabkan tumbuhnya jerawat. Benarkah?


Salah! Ternyata itu hanya mitos! Yang menyebabkan timbulnya jerawat adalah gula yang terkandung dalam olahan coklat. Howard Murad, Profesor dari UCLA School of Medicine mengatakan bahwa terlalu banyak mengkonsumsi gula dapat meningkatkan kadar insulin dalam darah kita, yang bisa memancing produksi hormon androgen yang membuat kulit jadi berminyak. Kulit berminyak mudah sekali muncul jerawat. 

Berikut ini beberapa mitos lainnya tentang jerawat yang salah, sebagai berikut:

1. Jerawat Sembuh Cepat Dengan Dipencet
Salah besar! Memencet jerawat dapat merusak sel-sel di bawah kulit. Lebih parah lagi dapat menyebabkan jerawat akan meradang dan meninggalkan bekas luka permanen. 

2. Jerawat Hanya Saat Masa Remaja
Salah lagi! Kita bisa mendapatkan jerawat pada usia berapa pun. Bahkan bayi bisa mendapatkannya, dan sekitar 25% dari semua orang berusia antara 25-44 memiliki jerawat.Banyak perempuan dewasa memiliki jerawat karena fluktuasi konstan hormon mereka selama setiap siklus menstruasi. Beberapa obat, seperti pil KB, serta menjadi hamil juga dapat berkontribusi untuk jerawat dewasa.

3. Jerawat Karena Sex Tidak Teratur
Saya juga masih inget ketika masa muda dulu ada jerawat di muka maka teman-teman akan mengomentari bahwa jerawatku muncul karena sex yang tidak tersalurkan. Padahal saat itu saya belum menikah. Bagaimana mungkin?

Ternyata jawabannya adalah ketika kita mencapai masa pubertas, tubuh kita mengalami perubahan hormonal yang mengarah pada pengembangan dan pematangan fitur seksual. Nah perubahan hormonal inilah yang juga dapat menyebabkantumbuhnya jerawat. 


4. Jerawat Karena Stress
Juga Salah! Bukan stress yang menumbuhkan jerawat. Tapi kebiasaan-kebiasaan kurang baik yang kita lakukan pada saat pikiran kita kurang tenang. Itulah yang menyebabkan jerawat muncul. Seperti begadang, tidak memperhatikan kebersihan muka, dll. Atau kita mengkonsumsi obat stress atau anti depresi yang mempunyai efek samping, seperti munculnya jerawat.

5. Jerawat Karena Memakai Kosmetik
Memang benar ada krim, minyak, tabir surya & pelembab yang dapat memperburuk jerawat. Akan tetapi ada juga kosmetik yang bagus yang tidak memperburuk jerawat, biasanya tercantum dalam kemasannya diberi label "non-acnegenic" dan "non-comedogenic". Hal lain yang juga diperhatikan adalah peralatan kosmetik atau aplikator seperti spon make up dan kuas yang tidak bersih. Alat kosmetik yang penuh dengan bakteri bisa memicu percepatan tumbuhnya jerawat.


6. Jerawat Karena Kulit Kotor
Penyebab utama jerawat adalah kelenjar minyak, yang jauh di bawah permukaan kulit. 
Kulit kotor bisa saja menjadi pemicu munculnya iritasi, jerawat bahkan bisul atau abscess. Akan tetapi membersihkan dan menggosok kulit muka berlebihan tidak akan membantu jerawat sembuh, di beberapa kasus malah bisa lebih buruk. Jika anda terus mencuci muka, bisa-bisa malah mengeringkan dan mengiritasi kulit, meningkatkan peradangan dan memperburuk situasi. Pilihlah pembersih wajah yang cocok sesuai dengan karakter kulit muka kita dan mencuci muka secara teratur 2 kali sehari dan tidak berlebihan.


7. Jerawat Akan Hilang Sendiri
Ini tidak benar! Kalaupun nanti sembuh sendiri, makan akan meninggalkan bekas di kulit wajah kita. Bekas luka ini lebih sulit dipulihkan. Ada banyak pilihan pengobatan yang tersedia. Usaha yang paling tepat adalah dengan menemui dokter spesialis kulit.

8. Jerawat Karena Panas Matahari
Tidak Benar! Hanya untuk sebagian orang, matahari benar-benar dapat membuat jerawat semakin buruk. Ketika berada di bawah sinar matahari, disarankan untuk menggunakan tabir surya dengan SPF 15 atau lebih tinggi untuk melindungi kulit.

9. Jerawat Karena Makanan
Tidak sepenuhnya benar! Dalam studi penelitian klinis besar, tidak ada hubungan yang jelas antara makanan dan jerawat. Namun, memang beberapa makanan dapat membuat jerawat lebih buruk bagi sebagian orang. Beberapa makanan tersebut adalah yang mengandung gula, pedas dan caffeine tinggi.


Jadi pecinta coklat, Anda masih bisa menikmati cokelat setiap saat tanpa khawatir tentang mendapatkan lebih banyak jerawat!  Tapi. . . . .  perhatikan kadar gulanya ya??  -SOS-