Pages

24 February 2014

SAKIT PINGGANG "BOYOK"


 Sakit Pinggang

Beberapa orang yang memiliki profesi dengan aktifitas fisik tinggi seperti mengangkat, memikul, menarik, menggali dan lain sebagainya sering mengeluhkan sakit pada pinggangnya. Dalam bahasa umum sering kita dengar istilah “boyoken”. Anda pernah mengalami juga? Bagaimana penjelasan medisnya?

Itulah yang disebut oleh dokter sebagai sakit pinggang atau low back pain atau lumbago. Sakit pinggang adalah penyakit neurologis/syaraf paling banyak kedua yang sering diderita oleh masyarakat dalam kategori ringan. Dikategorikan sakit pinggang ringan karena masih bisa sembuh setelah beristirahat beberapa hari. Sedangkan sakit pinggang yang kronis bisa berlangsung hingga 3 bulan bahkan lebih.

Sebagian besar sakit pinggang disebabkan oleh trauma punggung bawah atau gangguan seperti sciatica dan artritis. Trauma tersebut bisa terjadi karena cedera olahraga, tersentak tiba-tiba seperti kecelakaan mobil atau tekanan pada tulang belakang lainnya. Melakukan pekerjaan fisik yang tidak biasa dilakukan juga bisa menjadi penyebab, seperti karyawan yang sehari-hari beraktifitas di kantor kemudian mencangkul, maka bisa mengalami sakit ini. Penyebab lain yang paling umum adalah melakukan pekerjaan fisik terus menerus tanpa diselingi dengan waktu istirahat yang cukup.

Gejala sakit pinggang berkisar pada sakit otot yang menusuk atau nyeri, kaku/keterbatasan rentang gerak, atau ketidakmampuan berdiri tegak. Kadang-kadang, rasa sakit yang dirasakan di pinggang dapat menjalar sampai ke tempat lain dari tubuh.

Untuk pencegahan, sangat disarankan untuk selalu memulai kegiatan dengan peregangan terlebih dahulu dan luangkan waktu sebentar untuk beristirahat. Rutin berolahraga dan menjaga berat badan membantu menjaga tulang belakang tetap sehat dan kuat.

Jika anda mengalami sakit pinggang yang belum sembuh setelah tiga hari, segeralah menemui dokter untuk diagnose & penyembuhan lebih baik. Salam Sehat Selalu! -SOS-