Pages

24 February 2014

TIPS CARA MENCEGAH SAKIT PINGGANG "BOYOK"

low back pain
Tips Pinggang Sehat
Ketika sedang sibuk melakukan pekerjaan, tiba-tiba pinggang kita terasa kaku, tegang, nyeri dan sakit sekali sehingga pekerjaan harus terhenti. Padahal ada deadline menunggu. Itulah low back pain atau sakit pinggang. Pernah mengalaminya juga? Berikut beberapa tips pencegahannya agar sakit tersebut tidak terulang kembali, sebagai berikut:

1. Selalu melakukan peregangan atau pemanasan sebelum latihan olah raga atau kegiatan fisik lainnya yang berat.

2. Posisi tubuh jangan membungkuk ketika sedang berdiri atau duduk. Ketika berdiri, jaga titik berat badan Anda agar seimbang pada kaki Anda. Ketika duduk, pilihlah kursi dengan sandaran yang baik serta nyaman dan ketinggian kursi harus tepat dengan meja kerja sehingga bisa menjaga tubuh bagian atas kita tetap tegak.

3. Luangkan waktu untuk berjalan-jalan dan peregangan otot ringan meskipun hanya sebentar sebagai selingan dari posisi duduk anda. Ketika pinggang sudah terasa tegang/nyeri segeralah lakukan hal tersebut.

4. Kenakan sepatu yang sol-nya soft/ nyaman dan bertumit rendah.

5. Sesekali tidurlah dengan miring untuk mengurangi tekanan pada tulang belakang. Selalu tidur di permukaan yang cukup padat, jangan terlalu empuk.

6. Mintalah bantuan orang lain bila Anda mengangkat benda yang berat.

7. Jika pekerjaan anda memerlukan aktifitas fisik, ikutilah petunjuk berikut:

- Jangan mengangkat dengan membungkuk.
- Angkat barang dengan menekuk lutut dan berjongkok untuk mengambil barang.
- Ketika membawa barang, jaga punggung tetap lurus dan terus dekatkan objek ke tubuh Anda.
- Hindari memutar tubuh saat mengangkat.
- Lebih baik mendorong daripada menarik ketika Anda harus memindahkan benda berat.

8. Perhatikan pola makan kita untuk mencegah berat badan berlebihan, terutama lemak di sekitar pinggang. Menu makanan harian yang cukup kalsium, fosfor, dan vitamin D membantu menjaga pertumbuhan tulang baru.

9. Berhentilah merokok. Merokok mengurangi aliran darah ke tulang punggung bagian bawah dan menyebabkan cakram tulang belakang mengalami degenerasi.

10. Olah raga ringan di pagi hari secara teratur dapat menjaga kesehatan tulang.

Demikian tips pinggang sehat yang mudah dalam melakukanya. Menjaga lebih baik dari pada mengobati. Semoga bermanfaat. Salam sehat selalu! (SOS)