Pages

24 February 2014

CIRI-CIRI GEJALA SAKIT PINGGANG KARENA GINJAL

low back pain kidney
Nyeri Pinggang
Sakit nyeri pinggang banyak penyebabnya, mulai dari yang ringan sampai pada penyebab yang berat atau serius. Tetapi, sebagian besar adalah tidak serius dan membaik dengan sendirinya. Kebiasaan kita dalam beraktifitas, seperti duduk, berdiri, bekerja, kebiasaan mengangkat sesuatu, gaya hidup, merokok, aktivitas olahraga, kebiasaan makan, minum dan tingkat stres ikut menentukan keluhan nyeri pinggang ini.


Penyebab lain dimungkinkan karena kelainan pada ginjal. Jika sakit nyeri pinggang karena batu pada ginjal, berikut ini beberapa gejalanya, di antaranya:

1. Nyeri bersifat kolik, datang tiba-tiba, dalam keadaan berat, sakit sekali, bisa sampai berguling-guling karena kesakitan.

2. Nyeri di bagian belakang samping, di bawah tulang punggung, biasanya juga menjalar ke perut bagian bawah, lipat paha, atau daerah kemaluan.

3. Nyeri juga sering dirasakan bersamaan dengan waktu buang air kecil.

4. Buang air kecil juga sering disertai dengan darah, urine berubah warna jadi pink, coklat, atau merah.

5. Urine punya aroma tidak enak, atau bau.

6. Nyeri juga sering disertai dengan mual, muntah.

7. Buang air kecil menjadi lebih sering daripada biasanya, dan bila ada infeksi, penderita batu ginjal juga dapat mengalami panas, dan menggigil.

Akan tetapi dalam tiap penderita memiliki keterangan yang tidak selalu sama. Untuk memastikannya, sangat disarankan untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut, paling tidak X-ray dan USG.

Perlu diingat juga bahwa batu ginjal sering tidak memberikan gejala apa-apa atau tidak begitu mencolok sehingga diabaikan penderita. Untuk diagnosa awal, disarankan, sebaiknya minum lebih banyak, mengurangi konsumsi gula dan garam, dan setiap 30-60 menit duduk, sebaiknya bangkit berdiri dan melakukan peregangan. Semoga bermanfaat. (SOS)