Pages

03 March 2014

ADA BERAPA MACAM STROKE?

kind of stroke ischemic hemorrhagic
Stroke Iskemik (Penyumbatan)
Selama ini masih banyak orang menganggap bahwa penyakit stroke itu hanya ada satu macam saja. Sehingga penyebab sesungguhnya dari penyakit stroke tersebut seakan tertutupi. Bahkan ada kesimpulan yang agak keliru juga di masyarakat bahwa menurut mereka jika penyakit stroke adalah penyakit karena kerusakan otak. Ini menunjukkan pengetahuan masyarakat akan penyakit stroke belum begitu baik. Menjadi pekerjaan rumah bagi Departemen Kesehatan agar membuat program pengenalan akan penyakit stroke secara massive seperti yang dilakukan terhadap penyakit AIDS. Jadi apa sebenarnya penyakit stroke itu dan ada berapa macam?

Stroke adalah gangguan fungsional otak fokal maupun global akut, berasal dari gangguan aliran darah otak dan bukan disebabkan oleh gangguan otak sepintas dan tumor otak (WHO MONICA, 1986). Munculnya tanda dan gejala fokal atau global pada stroke disebabkan oleh penurunan aliran darah ke otak. Aliran darah ke otak normalnya adalah 58 mL/100 gram jaringan otak per menit.

Penyebab stroke inilah yang membedakannya menjadi 2 macam. Pertama, adalah stroke iskemik (Ischemic) dimana penyebabnya adalah adanya penyumbatan di salah satu pembuluh darah yang menyuplai darah ke otak. Dari data medis organisasi stroke, sekitar 80% penderita stroke merupakan penderita stroke jenis iskemik. Jenis stroke ini dipersepsikan sebagai stroke yang agak ringan karena masih bisa menggunakan obat-obatan dalam penanganannya. Dengan catatan, penderita segera dilarikan ke rumah sakit setidaknya 3-4 jam sejak gejala muncul. Lebih dari itu, bisa berakibat sama fatal dengan stroke jenis yang kedua.

Yang Kedua, yaitu stroke hemoragik (Hemorrhagic) dengan penyebabnya adalah pendarahan otak yang terjadi ketika pembuluh darah pecah. Opsi penangan jenis stroke ini sebagain besar dilakukan dengan operasi atau pembedahan. Stroke jenis ini lebih banyak diderita oleh orang usia lanjut dengan kategori umur 50 tahun keatas.

Jadi kesimpulannya, jenis stroke ada 2 macam berdasarkan penyebabnya yaitu karena penyumbatan dan pendarahan. Risiko dari kedua stroke tersebut serupa, tetapi penanganan dan perawatannya sangat berbeda. Semoga bermanfaat.(SOS)



sumber & credit picture: strokecenter.org