Pages

13 February 2014

8 OBAT AMPUH UNTUK IRITASI KULIT RINGAN

skin irritation
Iritasi Kulit Ringan

Gejala iritasi kulit antara lain kulit kemerahan, gatal, kering, bersisik atau radang benjolan, nyeri, sensasi terbakar, ruam dan pecah-pecah. Iritasi kulit umumnya disebabkan karena kulit kita bersinggunan langsung dengan bahan kimia yang terkandung parfum, deterjen, produk pembersih rumah tangga, sabun, kain/pakaian, pewarna sintetis, sengatan serangga bahkan suhu panas atau dingin yang ekstreem.
Berikut adalah 8 cara manjur untuk mengatasi iritasi kulit, sebagai berikut:

1. Kompres Dingin Pada Kulit Yang Iritasi
Rendam kain dalam air dingin dan taruh kain pada kulit yang teriritasi. Hal ini sangat efektif untuk meredakan pembengkakan dan rasa sakit akibat iritasi pada kulit. Atau, kompres dengan kantung es yang sebelumnya dialasi handuk.

2. Mentimun
Irislah mentimun tipis-tipis kemudian tempatkan irisan mentimun pada daerah kulit yang iritasi. Mentimun adalah salah satu pengobatan rumah yang direkomendasikan untuk iritasi kulit.

3. Campuran Madu Dan Kayu Manis
Campurkan 3 sdm madu dengan 2 sdm bubuk kayu manis untuk membuat pasta kental. Gosok pasta tersebut langsung ke area kulit yang teriritasi. Kemudian bilas setelah mengering. Campuran madu dan kayu manis juga bermanfaat untuk menyembuhkan iritasi kulit.

4. Baking Soda
Buatlah pasta dari baking soda dengan menambahkan sedikit air. Kemudian oleskan pada daerah yang teriritasi. Baking soda merupakan obat yang efektif untuk melawan iritasi kulit.

5. Mandi Oatmeal
Jika iritasi kulit jadi meradang dan gatal, Anda dapat menggunakan oatmeal untuk mandi. Ambil dua cangkir oatmeal, giling menjadi bubuk halus dan tambahkan ke dalam air hangat saat mandi.

6. Gel Aloe Vera (Lidah Buaya)
Cara lain untuk meredakan iritasi adalah dengan menerapkan gel lidah buaya ke area kulit yang teriritasi. Cara ini dapat mengurangi kemerahan, bengkak, dan gatal-gatal.

7. Sari Apel
Sari apel dapat digunakan sebagai salah satu pengobatan rumah untuk iritasi kulit yang disebabkan oleh sinar matahari dan luka cukur. Siram sari apel langsung ke daerah kulit teriritasi dengan kapas. Ini harus dilakukan beberapa kali dalam sehari.

8. Minyak Chamomile
Minyak atsiri dari chamomile adalah solusi pengobatan rumah yang baik untuk iritasi kulit. Gosokkan minyak chamomile langsung ke daerah yang teriritasi.

Inilah delapan obat manjur untuk mengatasi iritasi kulit ringan dan bisa dilakukan di rumah. Apabila iritasi masih berlanjut segera konsultasikan ke dokter. Kemungkinan ada alergi atau bahkan infeksi.
Semoga bermanfaat. -SOS-