Pages

13 February 2014

APA ITU ABDOMEN AKUT?

sakit nyeri perut usus
Sakit Nyeri Perut Akut
Pernah mendengar istilah abdomen akut? Abdomen akut adalah istilah medis yang mengacu pada gejala nyeri perut yang datang tiba-tiba. Berbeda dengan nyeri perut umum yang biasanya tidak berbahaya, abdomen akut hampir selalu merupakan gejala penyakit intra-abdomen. Abdomen akut mungkin mengindikasikan masalah utama dengan salah satu organ di dalam perut seperti radang usus buntu (apendisitis) radang kantong empedu (kolesistitis), perforasi usus atau bahkan limpa pecah.

Nyeri perut yang dirasakan oleh pasien atau penderita bersifat sangat dan terus menerus. Penderita terlihat sangat pucat, berkeringat dingin dan pernapasan yang dangkal.

Kondisi tersebut merupakan kondisi darurat yang membutuhkan pembedahan dan penanganan segera. Gangren dan perforasi usus dapat terjadi kurang dari 6 jam dari timbulnya gejala dalam kondisi tertentu. Abdomen akut terutama membutuhkan perhatian khusus pada bayi atau lanjut usia dan mereka yang telah terinfeksi HIV atau minum imunosupresan.

Sebelum melakukan tindakan diperlukan evaluasi riwayat penyakit pasien, pemeriksaan fisik yang didapat, data laboratorium, dan test imaging. Untuk penderita dengan kelebihan berat badan atau obesitas perlu dilengkapi dengan hasil CT Scan sebelum tindakan pembedahan.

-SOS-