Pages

13 February 2014

PENYEBAB BAU BADAN

what how why body odor
Body Odor
Pernahkah melihat seseorang dengan postur dan paras yang lumayan tapi dijauhi teman-temannya? Kemungkinan salah satu penyebabnya adalah bau badan. Terutama bagi para pekerja professional tidak hanya penampilan, tapi juga aroma tubuh sangat dituntut untuk selalu wangi.

Bau badan adalah bau yang tidak sedap dan tidak menyenangkan yang muncul dari tubuh. Bau tersebut ditimbulkan oleh bakteri yang hidup di kulit saat bercampur dengan keringat.

Bau badan menjadi semakin jelas jika tidak ada tindakan yang diambil ketika manusia mencapai pubertas 14-16 tahun pada wanita dan 15-17 tahun pada laki-laki. Orang yang mengalami obesitas, mereka yang rutin makan makanan pedas, serta individu dengan kondisi medis tertentu memiliki lebih berpeluang untuk terkena bau badan. Gejala yang umum adalah muncul keringat berlebih di beberapa bagian tubuh dan bau keringat bertahan lama. Terutama sekali di daerah ketiak, karena di area ini terdapat kelenjar apokrin yang bertanggung jawab memproduksi bau badan.

Bagaimana mengatasi bau badan?

Seperti diungkapkan diawal, salah satu sumber bau badan adalah bakteri yang berkembang utamanya di daerah ketiak. Maka dari itu rajinlah mencukur bulu ketiak dan menggunakan deodoran secara rutin. Yang lebih utama adalah menjaga kebersihan seluruh tubuh seperti mandi rutin dua kali sehari dan mencuci pakaian rutin dengan diberi pengharum. Pemilihan pakaian dari bahan alami seperti katun akan mengurangi banyaknya keringat di tubuh.

Perhatikan pula konsumsi makanan kita. Hindari konsumsi makanan pedas, bersantan dan berbumbu bawang yang berlebih.

Informasi sederhana ini telah dianjurkan oleh teman-teman yang mengalami bau badan dan efektif mengatasinya. Semoga bermanfaat. -SOS-