Pages

11 March 2014

APA ARTI ENDEMI - EPIDEMI - PANDEMI?

Malaria Endemic Map 2010
Seringkali ketika kita mengikuti penjelasan tentang penyakit tertentu dalam suatu daerah, kita sering mendengar istilah kesehatan yang terasa asing karena jarang digunakan dalam pergaulan sehari-hari. Diantaranya adalah epidemi, endemi dan pandemi. Sekilas terdengar mirip, akan tetapi memiliki makna yang berbeda. Berikut penjelasannya:

A. Epidemi (Epidemic)
Secara harfiah, epidemi berasal dari bahasa Yunani yaitu "epi" berarti "pada" dan "demos" berarti "rakyat". Ilmu yang mempelajari epidemi adalah epidemologi, dimana kata "logi" yang terakhir juga berasal dari Bahasa Yunani "lagos" yang berarti "ilmu".

Pengertiannya, epidemi adalah timbulnya suatu penyakit yang menimpa sekelompok masyarakat atau dalam suatu wilayah dengan angka kejadian yang melebihi angka normal dan berlangsung lebih cepat daripada yang diduga.

Dalam Bahasa Indonesia, epidemi diartikan dengan wabah. Dalam peraturan yang berlaku di Indonesia , pengertian wabah dapat dikatakan sama dengan epidemi, yaitu kejadian perjangkitan suatu penyakit menular dalam masyarakat yang jumlah penderitanya meningkat secara nyata melebihi daripada keadaan yang lazim pada waktu dan daerah tertentu serta dapat menimbulkan malapetaka. (UU No. 4 Tahun 1984)

Suatu kejadian perjangkitan penyakit untuk bisa dikatakan telah terjadi epidemi sangat tergantung dari jenis penyakit, jumlah penduduk, tipe penduduk yang tertimpa, kejadian sebelumnya, frekuensi kejadian penyakit tersebut, waktu dan tempat kejadian.

Dengan demikian, epidemi sangat relatif tergantung kepada bagaimana kejadian biasanya dari penyakit tersebut di suatu wilayah yang sama, pada penduduk tertentu pada musim yang sama.

Sebagai contoh, satu kasus penyakit tertentu yang lama tidak muncul kemudian tiba-tiba muncul atau suatu kasus penyakit yang sebelumnya belum pernah dikenal, muncul maka segera harus dilakukan penyelidikan epidemiologi dan jika kemudian penyakit tersebut menjadi dua kasus dalam waktu yang cepat di tempat tersebut maka ini sebagai bukti telah terjadi penularan dan dianggap telah terjadi epidemi.

Jumlah kasus baru penyakit di dalam suatu populasi dalam periode waktu tertentu disebut incidence rate (laju timbulnya penyakit).

B. Endemi (Endemic)
Endemi berasal dari bahasa Yunani yaitu “en” yang artinya "di dalam" dan “demos” yang artinya rakyat.

Penjabarannya adalah suatu keadaan dimana suatu penyakit atau agen infeksi tertentu secara terus menerus ditemukan disuatu wilayah tertentu atau populasi tertentu. Bisa juga dikatakan sebagai suatu penyakit yang umum ditemukan disuatu wilayah atau populasi tanpa adanya pengaruh dari luar.

C. Hyperendemis
Hyperendemis adalah keadaan dimana penyakit tertentu selalu ditemukan di suatu wilayah dengan insiden yang tinggi.

D. Holoendemis
Holoendemis adalah keadaan dimana suatu penyakit selalau ditemukan di suatu wilayah dengan prevalensi yang tinggi, awalnya menyerang penduduk usia muda dan menimpa sebagian besar penduduk contohnya malaria di daerah tertentu.

E. Pandemi
Pandemi berasal dari bahasa Yunani yaitu "pan" yang artinya "semua" dan "demos" yang berarti rakyat. Pengertiannya, pandemi adalah kondisi dimana terjadinya perjangkitan penyakit menular pada banyak orang dalam daerah geografi yang luas. Dapat juga dikatakan bahwa pandemi merupakan epidemi epidemi global atau wabah global.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), ada tiga syarat yang harus dipenuhi agar suatu kejadian bisa tergolong sebagai pandemi yaitu:
1. Timbulnya penyakit bersangkutan merupakan suatu hal baru pada populasi bersangkutan,
2. Manusia telah terinfeksi dan sakit serius dikarenakan agen oleh agen penyebab penyakit,
3. Agen penyebab penyakit menyebar dengan mudah dan berkelanjutan pada manusia.

Suatu penyakit atau keadaan tidak dapat dikatakan sebagai pandemi hanya karena telah menyebabkan meninggalnya banyak orang. Sebagai contoh, penyakit kanker menimbulkan angka kematian yang tinggi namun tidak tergolong sebagai pandemi karena tidak ditularkan.

Sepanjang sejarah telah ada sejumlah pandemi pada permulaan umumnya merupakan penyakit yang ditularkan oleh hewan (zoonosis), seperti cacar dan TBC. Pandemi yang lebih baru termasuk pandemi HIV dan pandemi flu/influenza (flu burung, flu babi, flu Hong Kong, dll). Semoga bermanfaat, salam sehat. (SOS)


sumber: M. Arie Muryanto, SKm
image: cdc.gov