Pages

10 March 2014

OBAT ALAMI GEJALA FLU PALING ENAK

the most delicious medicine for flu common cold selesma
Makanan Sehat Untuk Flu
Dalam kategori ringan, gejala flu seperti batuk, pilek/hidung meler dan tenggorokan tidak nyaman bisa diatasi dengan beberapa makanan yang familiar di sekitar kita. Begitu juga dengan selesma atau common cold yang gejalanya mirip dengan flu, malah lebih ringan. Berikut makanan-makanan enak yang mampu mengurangi gejala flu dan selesma, sebagai berikut:

1. Sup Ayam
Kaya akan gizi dan mengandung cairan, sup ayam juga dapat membantu penyembuhan dan memiliki efek anti-inflamasi ringan. Studi telah menemukan bahwa sup ayam hangat dapat meningkatkan kemampuan silia, rambut-seperti kecil bagian dari bagian hidung, untuk melindungi tubuh dari bakteri dan virus.

2. Bawang putih
Tambahkan bawang putih dalam makanan Anda, misalnya sup. Bawang putih memiliki sifat antimikroba dan dapat membantu meringankan hidung tersumbat.

3. Jahe Hangat
Sakit perut? Mual? Jahe adalah obat tradisional yang sering digunakan untuk menenangkan gejala-gejala ini. Beberapa studi bahkan menunjukkan, jahe dapat membantu melawan peradangan. Coba tambahkan jahe segar yang baru diparut atau dalam bentuk bubuk ke dalam makanan yang dikonsumsi. Paling mudah dan paling disukai adalah jahe disajikan sebagai minuman hangat.

4. Teh Hangat
Teh hijau, oolong, dan teh hitam menawarkan antioksidan melawan penyakit. Dan menghirup uap dapat membantu melegakan hidung tersumbat. Tambahkan satu sendok madu dan perasan lemon untuk membantu menenangkan sakit tenggorokan. Jika tidak suka atau alergi kafein, coba pilih teh herbal atau teh tanpa kafein.

5. Jeruk Hangat
Buah jeruk merupakan sumber vitamin C. Fungsi vitamin C yaitu merangsang produksi sel darah putih dalam tubuh kita. Sehingga sangat baik dan dapat meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh kita. Vitamin C yang terkandung dalam buah jeruk mampu meningkatkan kemampuan tubuh dalam mempertahankan diri melawan flu dan selesma.

6. Pisang
Pisang mudah dicerna oleh perut. Mereka bisa menjadi makanan pengganti jika Anda sulit makan karena mual, muntah atau diare.

7. Minuman pengganti Makanan
Bila anda tidak nafsu makan, pastikan Anda tetap mendapatkan nutrisi yang tepat dan cukup kalori. Cobalah susu sereal bebas gula namun tinggi kalori yang mengandung setidaknya 6 gram protein. Bila tidak terbiasa, cobalah yang berasa seperti seperti stroberi dan cokelat.

8. Roti isi daging
Roti isi daging mengandung protein yang penting untuk nutrisi tubuh dan membantu memberikan energi dalam melawan penyakit.

9. Jus Sayuran
Segelas jus sayuran akan menambah daya tahan tubuh karena antioksidan yang terkandung di dalamnya. Ini juga akan membantu menjaga diri Anda tetap terhidrasi.

10. Es loli
Kenapa es? Memang ada perkecualian, khususnya terhadap anak-anak dan tidak sembarang es loli bermanfaat untuk flu. Carilah es loli terbuat dari jus buah 100% untuk memastikan tubuh mendapatkan nutrisi penting dan bukan air gula. Mau lebih aman? Minta tolong Bunda untuk membuatkan sendiri di rumah.

Es loli dapat menenangkan tenggorokan yang bengkak atau kering yang terkadang terasa menusuk dan juga dapat membantu tubuh tetap terhidrasi, yang merupakan kunci ketika berjuang melawan flu. Dengan cukup cairan dapat menjaga produksi lendir dan membantu mengencerkannya.

Inti dari kesemua tips ini adalah jangan sampai kita malas makan apabila terserang flu atau selesma. Bahkan disarankan untuk banyak minum. Makanan-makanan tersebut lebih baik di kombinasi dan bila perlu dibantu dengan multivitamin agar mempercepat kesembuhan. Semoga bermanfaat. (SOS)

Sumber: webMD