Pages

23 April 2014

APA ITU PENYAKIT HERPES?

kejahatan seksual di sekolah jis jakarta dari info kpai
Penyakit Menular Herpes
Malam ini berkesempatan menonton acara Indonesia Lawyer Club (ILC) di TVOne yang membahas kasus yang terjadi di Jakarta International School (JIS). Judul episode kali ini sangat menakutkan yaitu “Kejahatan Seksual di Sekolah JIS”. Dan ternyata banyak fakta-fakta yang terungkap yang sangat menyedihkan sekaligus membuat kita geram.

Salah satu fakta terungkap melalui narasumber dari Komisi Perlindungan Anak

Indonesia (KPAI), Ibu Erlinda bahwa dari hasil test yang dilakukan, ada murid dengan gejala herpes. Waduh! Padahal herpes merupakan salah satu penyakit menular berbahaya bukan? Karena penyebarannya bisa melalui hubungan seksual. Benarkah informasi tersebut?

Apa itu penyakit herpes?

Penyakit herpes ini disebabkan oleh virus, dan bisa menular pada siapa saja. Penyakit herpes ini ada 2 macam golongan yaitu Herpes Simplex dan Herpes Zoster. Keduanya sama-sama disebabkan oleh virus.

1. Herpes Simplex
Herpes Simplex sendiri juga dibagi menjadi dua tipe. Yang pertama yaitu Tipe 1 atau dikenal dengan Herpes Simplex Virus-1 (HSV-1). Virus ini menyerang bagian mulut atau pinggang ke atas.Bisa menyerang bagian bibir (herpes labialis), mulut, tenggorokan, wajah, kornea mata (keratitis herpes simpleks), dan juga bisa menyerang sistem syaraf pusat. 


HSV-1 pada kenyataannya adalah infeksi yang sangat umum. HSV 1 seperti sariawan di mulut bibir dan ruam lepuh lainnya, bisa diobati tapi tidak bisa sembuh secara total karena sewaktu-waktu kalau tubuh lemah bisa muncul lagi.

Yang kedua yaitu Herpes Simplex Tipe 2, biasa dikenal dengan HSV-2. Virus ini menyerang bagian pinggang ke bawah, biasanya menyerang di bagian kelamin/organ seksual sehingga biasa disebut dengan Herpes Genitalis.

HSV2 (herpes genitalis) tidak bisa menular melalui udara, tetapi bisa menular melalui hubungan sex. Herpes ini bisa muncul di vagina, dubur, selangkangan kaki. Pada laki-laki herpes ini bisa terlihat tapi pada perempuan tidak kelihatan.

2. Herpes Zoster
Herpes zoster juga dikatakan penyakit infeksi pada kulit yang merupakan lanjutan dari pada chickenpox (cacar air) karena virus yang menyerang adalah sama. Perbedaan dengan cacar air adalah herpes zoster memiliki ciri cacar gelembung yang lebih besar dan berkelompok pada bagian tertentu di badan, bisa di bagian punggung, dahi atau dada.

Proses penularan herpes zoster ini bisa melalui bersin, batuk, pakaian yang tercemar dan sentuhan ke atas gelembung/lepuh yang pecah.

Apa gejala penyakit herpes?

Tanda dan gejala yang timbul akibat serangan virus herpes secara umum adalah demam, menggigil, sesak napas, nyeri dipersendian atau pegal di satu bagian tubuh, munculnya bintik kemerahan pada kulit yang akhirnya membentuk sebuah gelembung cair. Keluhan lain yang kadang dirasakan penderita adalah sakit perut. Biasanya gejala ini akan terjadi selama kurang lebih 8 hari atau 1 minggu.

Penderita herpes kulit ini masih memiliki kesempatan untuk sembuh, namun membutuhkan waktu yang lama, sekitar sembilan bulan berturut-turut. Jika penderita herpes lupa meminum obat pada masa penyembuhan, maka dia harus mengulang lagi pengobatan herpes dari awal.

Sebenarnya masih banyak bagian tubuh yang bisa terserang herpes, namun kebanyakan yang terangkat ke media hanyalah penyakit herpes genital, sehingga muncul stigma buruk di masyarakat bahwa penderita herpes itu akibat dari kegiatan seksual yang dilakukan si penderita. Semoga bermanfaat. -sos-

Sumber: ILC TVOne & DepKes
Image: whatisherpes?.?com