Pages

03 April 2014

KHASIAT DAN MANFAAT DAUN SIRIH MERAH UNTUK OBAT ALAMI

Khasiat Daun Sirih Merah
Daun sirih merah sangat terkenal karena khasiat yang terkandung untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit mulai dari mimisan/epistaksis/nosebleed (keluar darah dari hidung), obat diare, mengatasi keputihan, hingga menyembuhkan sakit gigi. Hal ini dikarenakan sirih merah banyak mengandung bahan antiseptik dan antiradang.

Ketua sentra Pengembangan dan Penerapan Pengobatan Tradisional (SP3T) DIY Prof. Dr. dr. Nyoman Kertia SpPD(K)-R menjelaskan, sirih merah mengandung bahan antiseptik yang berfungsi menghambat pertumbuhan kuman. Selain itu, mengandung bahan anti radang yang berfungsi mencegah peradangan pada luka.

Berikut ini cara menyembuhkan beberapa penyakit secara alami menggunakan khasiat dari daun sirih merah lain:


1. Sakit Gigi
Ambil 1 lembar daun sirih merah segar lalu direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih. Kemudian dinginkan air rebusan tersebut. Gunakan air rebusan untuk berkumur, diulang secara teratur sampai sembuh.

Atau ambil 2 lembar daun sirih merah yang telah di remas, kasih garam secukupnya. Kemudian bahan tersebut di seduh dengan air panas 1 gelas, kemudian aduk sampai larut biarkan sampai dingin, air tersebut digunakan untuk berkumur.

2. Keputihan 
Ambil 7 - 10 lembar daun sirih merah, rebus dengan air 2,5 liter air sampai mendidih, saat masih hangat air rebusan daun sirih tersebut dipakai untuk membasuh dan membersihkan seputar organ intim wanita secara berulang-ulang.

3. Diare
Sediakan daun sirih merah segar 4 - 6 lembar, 6 biji lada dan 1 sendok makan minyak kelapa, tumbuk semua bahan bersama-sama sampai halus, kemudian gosok pada bagian perut yang sakit secara perlahan, ulang sampai sembuh.

4. Mimisan / Epistaksis (Keluar Darah Dari Hidung)

Ambil daun sirih merah segar satu lembar, kemudian gulung sirih merah tersebut sambil ditekan hingga keluar minyaknya, lalu gunakan untuk menyumbat hidung yang mengeluarkan darah. Saat memasukkan sirih ke hidung harus hati-hati.

5. Alergi dan Gatal - Gatal Ringan
Sediakan 6 lembar daun sirih merah muda. 1 potong jahe kuning, dan 1,5 sendok minyak kayu putih. Semua bahan ditumbuk bersama-sama hingga halus, kemudian ramuan tersebut di oles pada bagian badan yang gatal-gatal.
Selamat mencoba dan segera diberikan kesembuhan. 


Sumber : Seksi Farmakmin & Alkes Dinkes Jogjakarta