Pages

12 February 2014

BIANG KERINGAT DAN PENCEGAHANNYA

biang keringat red spots skin
Biang Keringat Di Punggung
Apa itu biang keringat? Kenapa bisa terkena biang keringat? Pertanyaan tersebut sering muncul di sekeliling kita, khususnya keluarga kita tercinta. Penjelasan berikut semoga dapat membantu. 
Kulit terdiri dari dua jenis kelenjar. Satu menghasilkan minyak dan lainnya menghasilkan keringat. Kelenjar keringat yang menyumbat beberapa bagian kulit dapat menghasilkan biang keringat. Sinar matahari juga dapat memperburuk keadaan kulit.  Bagaimana cara mencegah biang keringat?

Biang keringat memiliki 3 tingkatan:
1. Miliaria crystallina adalah jenis biang keringat yang paling ringan. Pada tingkat ini hanya lapisan atas kulit tipis yang terpengaruh.Terlihat lecet dan kulit berwarna kemerahan.

2. Deeper miliaria rubra, jenis biang keringat yang dengan tingkat yang lebih berat. Diakibatkan oleh keringat yang masuk ke dalam lapisan kulit hidup, di mana mulai mengganggu dan gatal.

3. Miliaria pustulosais adalah komplikasi dari miliaria rubra. Terjadi ketika keringat terinfeksi bakteri piogenik dan berubah menjadi nanah. Hal ini terjadi apabila biang keringat tingkat 1 dan 2 tidak segera diatasi atau diobati.

Tahapan biang keringat yang disebutkan di atas juga dipengaruhi oleh cuaca panas dan faktor dari masing-masing tubuh.

Gejala-gejala biang keringat adalah munculnya gatal-gatal, bintik-bintik merah, cepat lelah, pusing, haus dan suhu tubuh meningkat hingga 40°C.

Berikut beberapa tips pencegahan sebelum munculnya biang keringat, antara lain:
- Memakai bahan pakaian yang dingin seperti katun (cotton)
- Memakai topi tau payung saat beraktifitas keluar
- Memakai tabir surya atau sun screen sebelum keluar
- Tetaplah terhidrasi dengan minum banyak air

Apabila terkena biang keringat ringan, dapat disembuhkan dengan obat penghilang gatal atau bedak dingin. Tetapi apabila tidak dapat teratasi bahkan sampai bernanah, segeralah menemui dokter anda. Semoga bermanfaat, Salam Sehat! -SOS-